Jumat, 22 Januari 2010

Mengapa Sulit Menulis Pada Halaman Awal??

Oya, mengapa kita selalu aja sulit buat nulis pada halaman awal? mungkin ada kalanya kita bingung mau ungkapin apa yang ada dalam hati kita.....!!!!padahal materi dah banyak bgt...tingggal tuang aja...pi kita gak tau darimana mulainya...

Ini bukan masalah sepele saja kok, dan sejujurnya juga bukan masalah menulis saja. SEMUA permulaan itu sulit. Masalahnya kita nggak bisa langsung melompat ke bagian belakang, jadi mau nggak mau kita harus melewati "permulaan" itu.

Nah, kayaknya kita memang harus latihan ya. Ingat, seribu langkah itu dimulai dari satu langkah. Satu novel dimulai dari satu kata. Satu kata dimulai dari ...tepat...satu huruf. Jadi kenapa kita tidak mulai dari satu huruf. Misalnya secara acak aja kita pilih huruf A. Oke, mulailah menulis dengan huruf A. Ada berapa kemungkinan ya? Aku, Alangkah, Andai.

Oke, sekarang kita udah punya kata. Kita terusin yuk!

Aku sedang sedih!

Alangkah mudahnya hidup ini, kalau ada Doraemon.

Andai aku Superman, tentu aku nggak lagi di sini, manyun seorang diri.

Tentu saja nggak setiap kalimat awal ini akan "sreg" di hati kamu. Don't worry, kita bisa cari dan cari lagi kemungkinan lain yang tidak terbatas jumlahnya. Makin sering berlatih tentu makin mudah.

Oke, next, kok sulit banget sih mengungkapkan apa yang kita pikirkan padahal banyaaakk banget yang ada di dalam kepala?

Menurutku itu karena kadang kita pengin mengungkapkan SEMUA! Tentu saja kita jadi kewalahan sendiri. Jadi kenapa tidak kita ambil sedikit dulu. Untuk sesaat, singkirkan yang lain. Berat memang, tapi kayaknya harus deh! Sama dengan di atas, kita juga butuh latihan. Mulai dari mana? Yup, mulailah dari satu huruf, lalu satu kata, lalu satu kalimat.

So, selamat berlatih ya.

1 komentar: