Jumat, 22 Januari 2010

Cara Nulis Novel

Kalian suka nulis? Selama ini nulis apa aja? Cerpen? Artikel? Puisi? Kalau udah biasa nulis cerpen, aku pikir gampang aja kok bikin novel karena pada dasarnya sama. Hanya saja novel lebih panjang. Untuk novel remaja panjangnya berkisar antara 75 hingga 200 halaman. Caranya?



1. Tentukan ide cerita.
2. Buat karakter-karakternya.
3. Kembangkan plotnya. Intinya ide dan karakter tadi dikembangkan ke dalam suatu jalinan cerita. Untuk menjaga plot ini supaya mulus, aku sarankan buatlah kerangka karangan. Ingat ya dalam novel ada pembagian bab. Jadi kalian juga harus mempertimbangkan ini dalam pembuatan plot.
4. Tentukan “atmosphere”nya, mau kalian buat komedi, romantis, atau misteri? Pasti ini nanti akan memengaruhi plot dan pilihan katamu.
5. Tentukan point of view-nya alias sudut pandangnya. Kalian mau memakai sudut pandang orang pertama alias gaya “aku” atau sudut pandang orang ketika alias gaya “dia”.
6. Bermain-mainlah dengan kata. Ini tentu juga tergantung dengan suasana yang kalian inginkan, plot yang ingin kalian bangun, dan karakter yang ada dalam ceritamu.
7. Oya banyak-banyak baca novel ya, biar kalian makin ngerti gimana sih novel yang oke itu.



Simpel saja kan? Yuk mulai menulis novel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar